Sekda Pastikan Pemda Konsisten Terhadap UMKM Agar Maju dan Berkembang

Editor: Agustiandi author photo

Sekda Ketapang Alexander Wilyo (depan baju putih) saat meninjau Bazar UMKM KPP Pratama Ketapang, di KPP Pratama Ketapang, Rabu (29/3/2023). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Ditandai dengan pemotongan pita Sekda Ketapang Alexander Wilyo, membuka Bazar UMKM KPP Pratama Ketapang,di KPP Pratama Ketapang, Rabu (29/3/2023).

Bazar ini digelar selama dua hari yakni Rabu 29 Maret hingga Kamis 30 Maret 2023. Bazar UMKM ini dilaksanakan sebagai ajang memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Adapun produk yang di bazarkan meliputi produk UMKM berupa kuliner, kerajinan dan fashion, ada juga lomba anak islami layanan booth Kemenkeu satu, layanan booth Perbankan Himbara dan takjil gratis

"Kegiatan ini sebagai dukungan Pemda dan Instansi vertikal kepada pelaku UMKM dalam upaya kita agar perekonomian masyarakat meningkat," ucap Sekda saat menyampaikan sambutannya.

Lebih lanjut Sekda memberikan apresiasi dan penghargaan kepada KPP Pratama yang sudah mendukung menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Kegiatan yang diadakan KPP Pratama ini sangat baik dan patut dicontoh oleh instansi yang lain, agar kita bisa kembali menghidupkan UMKM di Ketapang," ujarnya.

"Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenkeu satu, Instansi vertikal yang sudah ikut serta mendukung kebijakan dalam upaya kita memajukan UMKM sebagai salah satu harapan masa depan perekonomian bangsa," tambahnya.

Sekda juga menuturkan UMKM berdasarkan data PDB produk domestik bruto bahwa sekitar 61.97 persen atau lebih dari Rp. 8.500 Triliun kontribusi UMKM menyerap terhadap PDB nasional.

"Dengan demikian tingkat potensi luar biasa kontribusi UMKM menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi," jelasnya.

Selanjutnya dikatakan Sekda, bahwa Pemerintah Daerah akan terus konsisten terhadap UMKM dan Ia meminta kepada instansi pemerintah sampai jajaran Desa untuk melakukan pembinaan-pembinaan kepada pelaku UMKM.

"Sekali lagi Pemerintah Daerah akan konsisten mengawal agar UMKM di Ketapang ini agar semakin maju, semakin jaya, berkembang sehingga masyarakatnya sejahtera," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini