Kapal Express Ketapang Kandas, 65 Orang Penumpang Dievakuasi

Editor: Agustiandi author photo

Speedboat Bintang Rizki Express 99 kandas di laut muara Ketapang, Senin (17/4/2023) siang. (ist).
Ketapang (Suara Ketapang) - Speedboat Bintang Rizki Express 99 kandas di laut muara Ketapang, Senin (17/4/2023) siang. Kapal cepat dari Ketapang dengan tujuan Pontianak itu kandas lantaran nahkoda kurang memperhatikan alur pelayaran. 

Danposal Delta Pawan Letda Laut (P) M Ridwan mengungkapkan, Speedboat yang kandas itu berada di koordinat 1° 45’ 238" S - 109° 55' 597" E sekitar 3 Mil laut dari Pos SAR Ketapang.  

Kapal cepat itu membawa enam orang ABK dan 65 orang penumpang, 15 orang di antaranya anak-anak.

Baca juga: Sekap Pegawai Minimarket dan Gondol Duit 63 Juta, Perampok di Ketapang Diciduk Polisi

"Nakhoda dan ABK berusaha untuk mengatasi kapal kandas tetapi tidak ada hasil mengingat air sudah semakin surut," paparnya.

Proses evakuasi penumpang kapal cepat Bintang Rizki Express 99 yang kandas di laut Ketapang, Senin (17/4/2023). (Ist).
Mendapat laporan, tim SAR gabungan kemudian mendatangi lokasi. Seluruh penumpang lalu dipindahkan ke perahu milik warga dan ke speedboat milik tim SAR gabungan untuk kemudian dibawa ke kantor Basarnas Ketapang.

"Diduga speedboat mengalami kandas karena nakhoda kurang berhati-hati dalam membaca pasang surut dan rambu navigasi petunjuk kapal keluar masuk alur Delta Pawan," ungkapnya.

M. Ridwan menambahkan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Seluruh upaya evakuasi selesai sekitar pukul 14.30 WIB.

"Diharapkan kepada keagenan dan kapten kapal agar memperhatikan rambu-rambu alur pelayaran agar meminimalisir kejadian kecelakaan," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini