Belasan Rumah Warga Di Kecamatan Manis Mata Rusak Terkena Angin Puting Beliung

Editor: Agustiandi author photo

Rumah warga yang terkena musibah angin puting beliung di Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang, Jumat (28/4/2023). (Ist)
Manis Mata (Suara Ketapang) - Belasan rumah warga yang terletak di Dukuh kapal Singgang Dusun Pakit Desa Suak Burung dan sebagian Desa Silat Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang hancur terkena angin puting beliung.

Satu diantara warga yang biasa dipanggil Mbah Surono Pamungkas Ketika di konfirmasi menjelaskan bahwa peristiwa angin ribut disertai hujan lebat juga petir yang terjadi sekitar pukul 17.00 Wib, Jum'at (28/4/2023).

"Akibat peristiwa bencana alam tersebut sekitar 11 rumah warga hancur terkena diduga angin puting beliung. Atap rumah warga (atap seng) beterbangan sekitar ratusan meter dan balok rumah ada yang patah. Selain itu perabotan rumah tangga banyak yang rusak akibat terkena hujan dan ketimpa balok rumah," ujar Mbah Suro, Minggu (30/4/2023). 

Menurutnya, kejadian tersebut berlangsung tidak lama hanya sekitar 10 menit dan posisi pemilik rumah pada saat kejadian sebagian ada yang di kebun dan juga ada yang dirumah juga ada yang menyelamatkan diri keluar rumah.

"Peristiwa angin ribut diperkirakan hanya berlangsung sekitar 10 menit, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa sementara kerugian materil lumayan besar lantaran atap rumah sudah tidak bisa dipakai lagi karena sudah rusak, selain itu alat2 elektronik rumah tangga pada rusak akibat ketimpa Air hujan dan balok juga banyak yang patah," lanjutnya.

Warga berharap bantuan dari pemerintah daerah untuk meringankan beban warga yang terkena musibah bencana alam angin puting beliung.

Ditambahkannya, hingga kemarin mereka secara gotong royong memperbaiki rumah dengan alat dan material seadanya dari bekas atap dan balok yang masih digunakan. 

" Hingga hari ini sudah ada beberapa pihak yang membantu baik berupa material maupun sembako seperti dari donatur yaitu Sandi, H Darma, Ismanto anggota DPRD, Polsek serta koramil Manis Mata dan juga sudah dikunjungi dari pemerintahan desa Suak Burung maupun Desa Silat," ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Manis Mata, Iptu Adi Sudirman yang datang langsung ke tempat kejadian membenarkan ada 11 rumah warga yang rusak akibat terjadinya angin ribut tersebut. 

"Berdasarkan hasil pengecekan dilokasi ada 11 rumah warga yang mengalami rusak yaitu rumah milik Trimo mugino, Legiman, Seman, Dakhuri, Mulyono, Tri Subagyo, Kuwat, Sugianto, Jumadi, Sumino dan Deni" papar Adi Sudirman. 

Kapolsek Manis Mata memberikan Bantuan Sembako berupa Beras dan Mie Instant kepada warga yang terdampak bencana alam.

Kapolsek Manis Mata memberikan himbauan agar warga selalu waspada terhadap bencana alam yang bisa terjadi secara tiba-tiba.


Share:
Komentar

Berita Terkini