Heronimus Tanam Jadi Ketua FKUB Kabupaten Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Wakil Bupati Ketapang Farhan bersama Ketua FKUB Ketapang Heronimus Tanam memperlihatkan SK Bupati Nomor 766/BKBP tentang Penetapan Pengurus FKUB periode 2022-2027, Jumat (12/5/2023). (Ist).
Delta Pawan (Suara Ketapang) - Heronimus Tanam resmi menjadi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Ketapang.

Tanam dikukuhkan bersama pengurus FKUB Kabupaten Ketapang periode 2022-2027 oleh Wakil Bupati Ketapang Farhan di pendopo bupati, Jum'at (12/5/2023).

Di Pemerintah Kabupaten Ketapang, Tanam masih menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum. Tanam juga menjadi Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Ketapang.

"Pengukuhan ini berdasarkan Keputusan Bupati Ketapang nomor 766/BKBP tentang Penetapan Pengurus FKUB, ditetapkan sebagai Ketua FKUB Ketapang Drs. Heronimus Tanam, ME," papar Farhan.

Pengukuhan pengurus FKUB mengajak tema membangun harmoni dan memperkuat kerukunan umat beragama di Kabupaten Ketapang.

Menurut Wakil Bupati Ketapang Farhan, ini merupakan bentuk kesiapan dalam menjaga serta meningkatkan persatuan dan kesatuan umat beragama, khususnya di Kabupaten Ketapang. 

Farhan menekankan, kerukunan antar umat beragama di bumi ale-ale telah lama terbentuk. Ini merupakan hasil ikhtiar bersama, kesadaran masyarakat Kabupaten Ketapang untuk tidak memberi ruang bagi tumbuhnya rasa intoleran dan berkembangnya benih-benih permusuhan.

"Ini merupakan hal positif yang harus dipertahankan dan ditingkatkan, namun kita jangan terlena karena ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan akan tetap ada," tegas Farhan.

Farhan berharap keberadaan FKUB di Kabupaten Ketapang hendaknya dapat menjadi wadah dialog para pemuka agama, tokoh masyarakat dan menjadi media dalam menampung aspirasi masyarakat.

"Forum umat beragama merupakan miniatur kebhinekaan Indonesia. Saya berharap tidak ada satupun yang ditinggalkan atau dipinggirkan," ucapnya.

Farhan menambahkan, dalam upaya terpeliharanya kerukunan antar umat beragama, pemerintah Kabupaten Ketapang akan terus memberikan dukungan penuh agar peran-peran FKUB dapat semakin optimal dalam menyemai nilai-nilai moderasi beragama.

"Kami mengharapkan FKUB Kabupaten Ketapang dapat melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis untuk meneguhkan nilai-nilai moderasi dan toleransi beragama," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini