Daftar Juara Festival Pencak Silat Tradisional di Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dinobatkan sebagai juara umum pada Festival Pencak Silat piala Pendekar Wira Utama, di Gedung Pancasila Ketapang, Senin (23/10/2023). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Festival pencak silat tradisional Kabupaten Ketapang yang memperebutkan piala Pendekar Wira Utama memasuki babak final, Senin (23/10/2023).

Hasilnya perguruan silat yang menjadi juara umum adalah Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), disusul Wekasan di posisi ke dua dan perguruan silat Rajawali pada peringkat ketiga.

PSHT dinobatkan sebagai juara umum dengan perolehan empat mendali perak. Sementara Wekasan berhasil mendulang dua emas dan satu perunggu. Adapun Rajawali berhasil menyabet satu emas dan satu perunggu.

Festival silat tradisional dalam rangka Gawai Akbar Napak Tilas itu ditutup oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang Satuki Huddin, di Gedung Pancasila.

“Ini merupakan suatu potensi bagi kita ke depan untuk terus melakukan pembinaan sehingga atlet-atlet kita ini bisa meraih prestasi di tingkat provinsi maupun tingkat nasional bahkan dunia,” ujar Satuki.

Satuki menilai minat masyarakat Kabupaten Ketapang terhadap cabang olahraga pencak silat tradisional ini sangat tinggi. 

"Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dispora bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Ketapang akan terus mengadakan kejuaran - kejuaraan lainnya," ujarnya. 

Sementara itu Ketua Panitia Maria Raissa Sofia Rantan, menjelaskan, ada kategori yang ditandingkan yaitu Silat Kutemare, Silat Tangkai Bunge perguruan dan Silat Selendang.

“Lomba ini berlangsung selama 3 hari mulai dari Sabtu 21 Oktober hingga Senin 23 Oktober 2023, lomba ini masuk dalam rangkaian Napak Tilas Kabupaten Ketapang tahun 2023 dan berjalan dengan sukses,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Sasa panggilan akrabnya juga berterimakasih kepada Ketua IPSI Ketapang Uti Iskandar dan Pendekar Wira Utama Alexander Wilyo, yang mendukung lomba ini hingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Tak lupa saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama seluruh elemen yang mendukung dari pemerintah daerah, donatur, IPSI, aparat keamanan, tenaga medis, perguruan silat, wasit dan juri, panitia maupun relawan yang telah memberikan tenaga, waktu dan pemikiran dari awal hingga akhir kegiatan ini," pungkasnya. (**/Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini