Rakoor Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik

Editor: Agustiandi author photo

Rapat Koordinasi Bidang Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang, di Ruang RSUD dr. Agoesdjam Ketapang, Selasa (3/9/2024). (ist) 
Ketapang (Suara Ketapang) - Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Absalon, membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang, pada Selasa (03/09/2024) di Ruang Rapat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Agoesdjam Kabupaten Ketapang.

Staff Ahli Bupati dalam sambutannya mengatakan peran birokrasi sebagai pondasi dalam sistem pemerintahan, yang diibaratkan sebagai konstruksi bangunan. 

Menurutnya birokrasi harus dipandang secara keseluruhan sebagai sistem yang kompleks, tidak hanya dari sisi aparatur yang menjadi abdi negara.

"Birokrasi adalah pondasi dari sistem pemerintahan, namun birokrasi tidak bisa hanya dilihat dari segi aparatur yang menjadi abdi negara, melainkan harus dilihat secara keseluruhan sebagai sistem yang sangat kompleks sebagai pendorong jalannya roda pemerintahan," ujarnya.

Dalam konteks reformasi birokrasi, Staff Ahli menyebut kondisi birokrasi di Indonesia masih menghadapi banyak tantangan, termasuk masalah-masalah seperti struktur organisasi yang kurang sesuai dengan fungsinya, praktik KKN, dan pelayanan publik yang belum berkualitas. 

"Oleh karena itu, pemerintah terus berkomitmen untuk memperbaiki kondisi ini melalui berbagai inisiatif reformasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan Rapat Koordinasi ini akan berfokus pada peningkatan budaya birokrasi BerAKHLAK dan profesionalisme ASN. 

"Pentingnya partisipasi aktif para peserta dalam mengisi survei Indeks BerAKHLAK dan Survei Keterikatan Pegawai ASN, yang merupakan salah satu indikator penting dalam evaluasi reformasi birokrasi," ucapnya.

Selain itu, pelaksanaan Rapat Koordinasi ini menurut Staff Ahli, merupakan kesempatan yang sangat baik untuk berdiskusi bersama. 

"Saya minta kepada seluruh peserta agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan menyebarluaskan informasi yang diterima kepada seluruh ASN dilingkungan kerja masing-masing," harapnya.

Lebih lanjut ia berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat besar bagi peningkatan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Ketapang.

Kegiatan ini dihadiri, Perwakilan Asisten Administrasi Umum Setda, Kepala Bagian Organisasi Setda, para Sekretaris Dinas/Badan, serta peserta lainnya dari berbagai Instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang. (Ad) 

Share:
Komentar

Berita Terkini