Martin Rantan : Ketupat Colet Makanan Khas Melayu Ketapang

Editor: Redaksi author photo
Bupati Ketapang Martin Rantan saat memberikan kata sambutan pada seremonial penutupan festival seni budaya melayu ke II tahun 2019
Ketapang (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang Martin Rantan menegaskan ketupat colet adalah makanan khas melayu Ketapang.

Menurut Martin, dirinya selaku kepala daerah tak pernah ketinggalan mengenalkan makanan khas tersebut kepada setiap tamu yang berkunjung ke Kabupaten Ketapang.

"Ketupat colet, memang selama ini dikenal di Kabupaten Ketapang, dan kita sudah perkenalkan pada setiap tamu-tamu yang hadir yang berkunjung ke Ketapang untuk mencicipi ketupat colet, dan ini memang makanan khas Melayu Ketapang,” tegasnya saat penutupan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM), Jumat (4/10/2019) malam.

Penegasan ketupat colet sebagai makanan khas Melayu tersebut merupakan jawaban Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang atas pernyataan sikap Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) sesuai hasil rapat kerja Festival Seni Budaya Melayu ke II tahun 2019.

Selain ketupat colet, Martin Rantan juga menyinggung nada khas syair gulung. Menurut Martin syair gulung memang sudah menjadi ikon Ketapang selama ini. Dan ini sudah dikenal sampai ke luar daerah dan bahkan negara luar.

"Karena itu, seni budaya ini harus dijaga dan dilestarikan. Seni budaya merupakan identitas masyarakat yang harus terus dibina dan dilestarikan," imbuhnya. (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini