Tekan Kasus Karhutala di Pelang, Pemkab Ketapang Akan Bangun Embung

Editor: Redaksi author photo
Wakil Bupati Ketapang Suprapto S saat diwawancara awak media usai apel gelar relawan Satgas desa mandiri menuju langit biru tanpa asap Karhutla di lapangan sepak bola Desa Mulia Mulia Kerta Kec. Benua Kayong. 
Ketapang (Suara Ketapang) – Guna menekan kasus Kebakaran Hutan dan Lahan khususnya di kawasan Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan, Pemkab Ketapang bekerjasama dengan Manggala Agni setempat akan membangun embung di kawasan tersebut.

Menurut Wakil Bupati Ketapang Suprapto S,  adanya embung  guna memudahkan menemukan sumber air untuk upaya pemadaman jika terjadi Karhutla di kawasan tersebut. Adanya embung dapat memudahkan para pemadam untuk mempercepat upaya pemadaman.

Seperti pengalaman tahun lalu, pemadam kesulitan menemukan sumber air yang berdekatan dengan titik api, sehingga terkandala dalam upaya pemadaman.

“Untuk mengantisipasi di daerah Pelang yang gambutnya terlalu dalam, saya sudah minta dengan pak Rudi (Kepala Maggala Agni Ketapang) membuat pemetaan dimana kira-kira kita membuat embung,” katanya usai apel gelar satgas relawan desa mandiri menuju langit biru di Bumi Khatulistiwa Kabupaten Ketapang, kamis (12/3/2020).



Dalam pembuatan embung, lanjut Suprapto, pihaknya akan menggunakan alat berat, dan didasar embung akan diberi pelastik agar air diembung tidak terserap gambut.

Ia juga berharap agar pihak TNI-Polri dapat memberikan bantuan personel dalam upaya pencegahan dan pemadaman jelang musim kemarau mendatang. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini