Berstandar Kementrian Kesehatan, Puskesmas Air Upas Diresmikan

Editor: Agustiandi author photo

Disela-sela acara peresmian, Bupati Ketapang Martin Rantan menyempatkan waktu menjenguk pasien yang sedang dirawat inap di Puskesmas Air Upas. (Humpro Ketapang)
Air Upas (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang Martin Rantan meresmikan Puskesmas Air Upas, Kamis (17/9/2020). Puskesmas tersebut dibangun dengan sarana dan prasarana berstandar Kementrian Kesehatan.

Pada kesempatan Martin  menyampaikan bahwa pembangunan di bidang kesehatan dilakukan berjenjang dari pusat hingga di daerah. Dilevel kecamatan, pembangunan kesehatan diselenggarakan oleh puskesmas.

"Puskesmas diharapkan mampu menciptakan wilayah kerja kecamatan yang sehat, yaitu tercipta kondisi sosial dimana masyarakat di wilayah kerja puskesmas menjadi sadar sehat, kondisi sosial dimana masyarakatnya memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat," kata dia.

Baca Juga : Martin Rantan Hadiri Pelantikan Pengurus Cabang PGRI Air Upas, Marau dan Singkup

Ia menambahkan, untuk mewujudkan Kecamatan Air Upas sehat, Puskesmas Air Upas harus mampu memberi pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas. Maka, dibutuhkan juga fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas pula.

Sebelum meresmikan Puskesmas Air Upas, Martin Rantan juga telah meresmikan sejumlah puskesmas seperti  Puskesmas Simpang Dua Kecamatan Simpang Hulu, Puskesmas Sungai Melayu Kecamatan Sungai Melayu Rayak dan Puskesmas Riam Kecamatan Jelai Hulu.

Baca Juga : Bupati Martin Rantan Kembali Resmikan Puskesmas di Daerah Perhuluan

Sebagai komiten pemerintah dalam pembangunan kesehatan, untuk mewujudkan masyarakat Ketapang yang sehat, Pemerintah Kabupaten Ketapang di tahun 2020 ini telah membangun tiga unit  Puskesmas lengkap dengan sarana dan prasarana kesehatannya, yaitu Puskesmas Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan, Puskesmas Pemahan Kecamatan Pemahan dan Puskesmas Nanga Tayap Kecamatan Nanga Tayap.

Baca Juga : Martin Rantan Resmikan Kantor Desa dan Gedung Posyandu Desa Randai

Di sela sambutannya, Bupati juga memotivasi masyarakat agar dapat beradaptasi dengan pola hidup baru dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah  pandemi Covid-19.

Tak lupa, Bupati mengucapkan terimakasih serta apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja, berpartisipasi dalam pembangunan Puskesmas Kecamatan Air Upas ini.

"Saya atas nama Bupati Ketapang mengucapkan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada pihak-pihak yang telah bekerja hingga selesainya pembangunan Puskesmas Air Upas ini," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini