Pemda Ketapang Tetap Bangun Puskesmas Pemahan di Lalang Panjang

Editor: Redaksi author photo

Puskesmas Riam, Jelai Hulu yang telah diresmikan Bupati Ketapang Martin Rantan, Selasa (15/9/2020).
Ketapang (Suara Ketapang) - Meski mendapat penolakan dari sebagian masyarakat,  Pemda Ketapang tetap akan membangun Puskesmas Kecamatan Pemahan di Desa Lalang Panjang.

Menurut Penjabat (Pj) Sekda Ketapang Heronimus Tanam, lokasi pukesmas yang akan dibangun tersebut merupakan Milik Pemda Ketapang.

Heronimus Tanam menegaskan, tidak ada aturan yang mengharuskan letak puskesmas kecamatan harus dibangun di pusat kecamatan.

"Kita sudah bertoleransi, memberikan pemahaman kepada masyarakat, akhirnya pun tidak terjalin suatu kesepakatan, Pemda tetap harus memberikan keputusan. Keputusannya kita lanjut pembangunan Puskesmas di Lalang Panjang," ujar Heronimus Tanam, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga : Masyarakat Ketapang Tolak UU Cipta Kerja

Ia menjelaskan, lokasi pembangunan pun tak begitu  jauh, hanya sekitar tiga kilometer dari pusat Kecamatan Pemahan. Apalagi saat ini akses jalan juga telah baik.

"Kita sudah rapat berkali-kali dan menampung aspirasi di dewan, dengan pertimbangan kontraktual, anggaran. Sayang kita sudah diberi kepercayaan oleh pemerintah pusat tidak bisa ditempatkan, itu kan bermanfaat untuk umum," imbuhnya.

Kembali ia mengatakan, meski kini akses menuju lokasi pembangunan puskesmas  telah baik, pihaknya nanti akan akan memperhatikan jalan tersebut agar akses masyarakat menuju tempat pelayanan kesehatan tersebut semakin mudah.

Baca Juga : Bea Cukai Ketapang Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal Senilai Rp1 Milyar

"Sekarang jalan sudah baik, tapi perlu ditingkatkan lagi," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Ketapang berharap masyarakat harus melihat kepentingan yang lebih besar. Bukan hanya melihat dari sisi situasional.

Untuk diketahui, Pemkab Ketapang tahun ini akan membangun tiga unit Puskesmas rawat inap berstandar kementerian kesehatan. Satu unit puskemas rata rata akan menelan anggaran  Rp7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)  afirmasi tahun 2020. Tiga puskesmas tersebut dibangun di Pemahan, Mulia Baru dan Nanga Tayap. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini