Wabup Hadiri Wisuda Tahfidz Qur’an TPQ Tilawatil Qur’an Angkatan 2

Editor: Agustiandi author photo

Wakil Bupati Ketapang mewisuda anak anak tahfidz Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Tilawatil Qur’an angkatan ke dua di Aula Dinas Pertanian, Minggu (4/4/2021).  
Ketapang (Suara Ketapang) - Wakil Bupati Ketapang Farhan menghadiri acara wisuda tahfidz Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Tilawatil Qur’an angkatan ke dua di Aula Dinas Pertanian, Minggu (4/4/2021). 

Menurut Farhan, kegiatan wisuda santri TPQ mempunyai arti penting membentuk kepribadian anak dalam kehidupan beragama, karena TPQ merupakan salah satu tempat mendidik dan membina anak untuk memperdalam isi kandungan Al-Qur'an. 

"Membaca Al-Qur'an tidak saja merupakan ibadah, tetapi diharapkan anak dilatih untuk memahami dan mengamalkannya," sebut Farhan.

Farhan menambahkan, kini, TPQ telah tumbuh dan berkembang Hingga di desa-desa sebagai peningkatan dari cara pengajaran membaca Al-Qur'an. 

"Bangsa kita memang memerlukan generasi muda yang maju dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi kemajuan harus diimbangi dengan pengetahuan di bidang keagamaan," ujarnya. 

Farhan pun mengaku senang, sebab setiap tahun jumlah santri TPQ yang diwisuda semakin bertambah. Ini menunjukkan bahwa kesadaran orang tua dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anaknya sudah menjadi kebutuhan.

"Peran serta orang tua sangat penting dalam upaya meningkatkan pendidikan agama, karena pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan guru, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama orang tua dan masyarakat," jelasnya. 

Dirinya berpesan kepada anak-anak agar taat dan patuh kepada pemimpin guru dan orang tua serta terus meningkatkan prestasi belajar sehingga menjadi anak yang soleh dan soleha.

"Untuk itu saya ucapkan selamat kepada anak-anakku yang pada hari ini melaksanakan wisuda," kata Farhan.

Sementara itu, pimpiman TPQ Tilawatil Qur’an, ustadz Dedy Susanto mengatakan, wisuda Tahfidz Qur’an ini diikuti oleh 34 santri mulai dari tingkat TKA, TPA, TQA.

"Wisuda Tahfidz Quran Juz 30, serta 2 juz baik tingkat TKA, TPA, dan TQA yang diikuti sejumlah 34 santri di tingkat TKA sebanyak 7 santri, tingkat TPA sebanyak 18 santri, tingkat TQA 1 juz 10 santri dan 2 juz sebanyak 2 orang santri," paparnya.

Dia berpesan agar santri menjaga hafalan dan lanjutkan menghafal juz dalam Alquran. Ilmu yang didapat dapat diajarkan ke adik adik dan teman teman yang lain. 

"Jaga baik diri keluarga dan nama baik sekolah di manapun berada," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini