Akses Dasar Desa Riam Bunut Jadi Target Pembangunan TMMD Kodim 1203/KTP Tahun ini

Editor: Agustiandi author photo

Wakil Bupati Ketapang Farhan (kiri) dan Dandim 1203/KTP Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta saat pembukaan TMMD ke 112, Rabu (15/9/2021). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Wakil Bupati Kabupaten Ketapang Farhan membuka secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 Tahun 2021, di Makodim 1203/KTP, Rabu (15/9/2021).

TMMD kali ini dilakukan di Desa Riam Bunut Kecamatan Sungai Laur yang akan dilaksanakan mulai 15 September sampai dengan 14 Oktober 2021. Pembangunan akan diarahkan pada infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar di Desa Riam Bunut.

"Kegiatan TMMD ini harus kita dukung penuh karena diperlukan sinergi antara TNI dengan rakyat serta pemerintah daerah agar desa dapat menjadi lebih berkembang dan mampu menggali dan mengelola potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada di desa," ujar Farhan.

Melalui semangat gotong royong, lanjut Farhan, akan menjadi basis spirit TMMD. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan guna mempermudah aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik di Desa Riam Bunut.

Menurut Farhan, TMMD bukan semata membangun sarana secara fisik bagi masyarakat desa, akan tetapi TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu dan inovatif dalam mengelola potensi yang dimiliki, serta memiliki kesiapsiagaan dan daya tangkal terhadap ancaman masyarakat dan keutuhan bangsa.

"Kita ketahui bahwa jajaran TNI adalah salah satu motor penggerak pendisiplinan protokol kesehatan, oleh karena itu saya yakin kegiatan TMMD ini juga akan dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan serta merupakan salah satu contoh kegiatan produktif di masa pandemi Covid-19," tegasnya.

Ia berharap agar dalam kegiatan penyuluhan hendaknya dapat pula diberikan edukasi kepada masyarakat Desa Riam Bunut untuk beraktivitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Saya juga ingin memberikan apresiasi kepada jajaran TNI dan khususnya kepada bapak Dandim 1203 Ketapang dan jajarannya, selamat menjalankan tugas TMMD, semoga dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Farhan juga berpesan melalui kepala Desa Riam Bunut dan juga Bengaras serta camat Sungai Laur  agar masyarakat desa dapat berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan kegiatan TMMD di desa riam bunut.

"Hasil dari kegiatan TMMD Reguler ke-112 tahun 2021 ini tiada lain adalah untuk  masyarakat di desa itu sendiri," katanya.

Sementara itu, Kasiter Korem 121/Abw Kolonel Inf. Daniel Edgar Syaloom Lalawi yabg turut dihadir acara pembukaan tersebut menyampaikan, kegiatan ini Medika wujud kerjasama TNI dengan Pemerintah Daerah dengan serta komponen masyarakat yang bertujuan mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di suatu wilayah.

"Hal Ini merupakan wujud komitmen moral TNI dengan pemerintah serta Komponen masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang menjadi sasaran TMMD”, ungkapnya.

Dia juga berharap dengan semangat gotong royong, berbagai kegiatan tersebut dapat terlaksana demi mempermudah aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini