Sekda Ketapang Ingin Bekerja Maksimal untuk Masyarakat dan Daerah

Editor: Redaksi author photo

Sekda kabupaten Ketapang Alexander Wilyo saat mengucapkan sumpah janji jabatan di Pendopo Bupati Ketapang, Jumat (27/8/2021). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) "Jangan pernah lupa dengan Tuhan, segala langkah, kata dan apapun yang kita lakukan semuanya harus diiringi mengingat  kehadiran Tuhan. Andalkan Tuhan dalam segala perbuatan terbaik kita,". Begitulah ungkapan Alexander Wilyo yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang.

Pria kelahiran 42 Tahun silam ini, mengaku kalau segala apa yang ia terima dan segala perbuatan baik yang dilakukan semuanya karena Tuhan.

"Jangan pernah lupa sama Tuhan. Selalu andalkan ia dalam setiap perbuatan baik kita," katanya, Selasa (31/8/2021).

Alex mengaku kalau dirinya meyakini bahwa Tuhan tidak pernah salah dan pasti akan memilih yang terbaik, untuk itu selalu berbuat, belajar dan bekerja dengan baik.

"Terus berbuat baik sehingga kita mendapat berkat, rahmat dan karunia dari Tuhan," ajaknya.

Alex sendiri resmi dilantik menjadi Sekda Ketapang pada Jumat (27/8) oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan. Sebelum menjabat Sekda Ketapang, dirinya sempat memegang amanah sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ketapang.

Sedangkan posisi Sekda Ketapang sebelumnya di isi oleh Suherman selaku Penjabat atau Pj Sekda yang mengisi kekosongan jabatan Sekda setelah Sekda sebelumnya Farhan maju salam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ketapang dan berhasil menjadi Wakil Bupati Ketapang.

"Tentu saya mengucapkan syukur atas kepercayaan dan amanah ini. Terutama kepada Tuhan yang tentunya karena rahmatnya saya mendapatkan amanah dan kepercayaan sebagai Sekda Ketapang," akunya.

Pria yang hobby bernyanyi ini menilai jabatan yang diemban merupakan amanah yang harus dijalankan sebaik mungkin, untuk itu dirinya meminta doa dan restu  kepada Bupati, Wakil Bupati, semua pihak termasuk masyarakat Ketapang agar bisa menjalankan tugas kepemerintahan dengan maksimal.

"Sehingga bisa bekerjasama untuk mewujudkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera," tuturnya.

Lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tahun 2001 tersebut berpesan agar para pemuda khususnya yang ada di Ketapang untuk selalu optimis dan berpikir positif dan selalu semangat untuk berbuat terbaik untuk daerah dan negara.

"Pemuda harus berani tampil dan mengambil peran dalam banyak hal, berpikir dan berani untuk merealisasikan ide-ide yang membangun untuk berkontribusi positif bagi daerah, bangsa dan negara," katanya.

Dalam perjalan karirnya, Alex sendiri pertama kali menjadi staf biasa di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat pada Oktober 2001 sampai Februari 2002 kemudian pada Maret 2002 sampai Februari 2003 dirinya menjadi staf di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang. 

"Tahun 2003 saya berkesempatan ikut tugas belajar S-2 Magister Ekonomi Pemerintahan (MEP) di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta sampai April 2005," akunya. 

Usai tugas belajar, Alex menceritakan kalau dirinya kembali ke Ketapang dan menjadi staf di Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang hingga Februari 2006. 

Proses dan ketekunan dalam belajar dan bekerja perlahan mulai berbuah manis dengan naiknya karir dirinya, mulai dari menduduki jabatan sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang pada Maret 2006 sampai April 2008 dilanjutkan dengan menjadi Kepala Sub Bagian Pengembangan Kinerja Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang sampai dengan Januari 2009.

Kemudian sempat menjabat Kepala Sub Bagian Pemerintahan Umum Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang hingga Agustus tahun 2011. Kemudian menjadi Kepala Bidang Ekonomi pada Kantor Bappeda Kabupaten Ketapang dari Agustus 2011 hingga Oktober 2015.

Dilanjutkan menjadi Kabag Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang dan terakhir sebelum menjabat Sekda dirinya menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ketapang. Dalam perjalan tersebut setidaknya ada dua penghargaan yang telah diterimanya diantaranya Satya Lencana Karya Satya XX tahun 2019 dan Inspiring Professional dan Leadership Award 2021.

"Semua ini anugerah dan jalan Tuhan, tentu saya sangat bersyukur dan berharap bisa mengemban amanah dengan baik dan terus berbuat baik untuk masyarakat dan daerah selama bertugas," tutupnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini