Lampion Saat Perayaan Imlek, Ini Penjelasan Ketua MABT Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Lampion digantung di Kelenteng Tua Pek Kong Ketapang. 
Ketapang (Suara Ketapang) - Lampion menjadi ornamen yang selalu ada saat perayaan Imlek. Umumnya lampion digantung di tempat ibadah, jalan, hingga rumah.

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Ketapang, Susilo Aheng menjelaskan, keberadaan lampion tak hanya sebagai pajangan belaka namun sebagai simbol pengusir roh jahat.

Aheng menceritakan, sejarahnya dahulu banyak monster yang menganggu manusia. Salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat Tiongkok untuk mengusir roh jahat menurut legenda yakni menggunakan lampion. Kebiasaan itu pun berlangsung turun-temurun.

Kelenteng Tua Pek Kong Ketapang berhias dalam menyambut hari raya Imlek 2022.
"Itu ada sejarahnya. Kalau zaman dulu kan ada monster nah penduduk itu mengusirnya pakai lentera atau api supaya tidak masuk," papar Aheng, Selasa (1/2/2022).

Makanya, lanjut Ageng, lampion digantung di teras rumah sebagai simbol mencegah roh jahat agar tak masuk ke dalam rumah.

"Kita biasanya gantung lampion di depan rumah. Nah itu menjadi satu legenda yang masih dipraktekkan hingga sekarang turun temurun," ujarnya.

Susana Kelenteng Tua Pek Kong Ketapang yang berada di Jalan Merdeka Kota Ketapang Kalimantan Barat.
Lebih jauh Aheng menjelaskan, lampion mulai digunakan untuk festival pada masa Dinasti Tang. Festival lampion ini dirayakan setiap tahun, pada hari kelima belas kalender bulan. Tanggal itu pun ditetapkan sebagai akhir Tahun Baru China.

"Perayaan puncak pada festival itu adalah memakan Tang Yuan, sajian bola nasi ketan yang diisi pasta wijen. Jalannya festival penuh dengan cahaya lampion dan perayaan bersama keluarga," kata dia.

Kelenteng Tua Pek Kong Ketapang.
Saat ini, lanjut Aheng, lampion bundar berwarna merah merupakan yang paling diasosiasikan sebagian besar orang di seluruh dunia sebagai lampion China. Warna merah itu menyimbolkan kemakmuran dalam budaya China.
Lampion.
"Setiap Tahun Baru Imlek tak hanya identik dengan banyak ucapan Gong Xi Fa Cai tapi biasanya juga akan dipenuhi banyak ornamen yang berkaitan dengan hari raya. Salah satu ornamen yang tak pernah absen adalah lampion," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini