Kelompok Tani Binaan CMI Berhasil Tingkatkan Hasil Panen Semangka Sebanyak 4 Ton

Editor: Redaksi author photo

Penan semangka petani binaan PT CMI di Dusun Pesanggaran Desa Karya Baru Kecamatan Marau, Ketapang Kalimantan Barat. (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Memasuki minggu terakhir bulan Ramadhan 1443 H, kelompok tani binaan PT Cita Mineral Investindo Tbk Site Air Upas melakukan panen buah semangka non biji, di Dusun Pesanggaran Desa Karya Baru Kecamatan Marau, Ketapang Kalimantan Barat. 

Total Hasil panen semangka mencapai 4 ton dari lahan garapan seluas 0.25 hektar dengan bobot rata-rata 6-7 kg per semangka. Hasil panen ini melebihi target yang sebelumnya ditentukan yakni 3 ton. 

Kegiatan panen ini dihadiri oleh Kades Karyabaru, Kasranudin (Ikas) selaku Ketua Kelompok Tani Usaha Sejahtera dan juga anggota dan juga peserta didik SMK Pertanian Negeri 1 Marau.





“Saya sangat mengapresiasi langkah baik ini, terima kasih kepada CMI melalui program CSR-nya yang telah memberi perhatian kepada masyarakat kami seperti kelompok tani yang diketuai oleh Pak Ikas sehingga bisa mandiri dan terus konsisten dalam usaha tani yang digelutinya”, ungkap Mutari, Kades Karya Baru.

Dikesempatan yang sama, perwakilan CSR CMI Site Air Upas, Dedi Kurniawan menjelaskan bahwa program pendampingan pertanian terpadu kelompok tani usaha sejahtera ini adalah salah satu bentuk perhatian perusahaan terhadap upaya peningkatan pendapatan riil masyarakat di sekitar wilayah operasional tambang perusahaan. 

Dedi menambahkan, jika Pak Ikas dan rekan petani Kelompok Usaha Sejahtera adalah salah satu local heroes yang terus konsisten dalam mengembangkan usaha tani hortikultura sehingga sangat layak untuk diberi dukungan pendampingan seperti yang telah berjalan selama ini. 

“Pemasaran hasil panen melalui para pedagang yang datang langsung ke kebun, ada juga permintaan pengiriman ke pasar buah seperti pasar Air Upas, kebetulan juga lagi bulan ramdahan sehingga permintaan juga meningkat” imbuh Kasranudin (Ikas), Ketua Kelompok Tani Usaha Sejahtera. 

Disela percakapan Ikas juga menyampaikan harapannya agar program pendampingan oleh CMI bisa terus dilakukan secara berkelanjutan, sehingga nantinya para petani binaan bisa sukses secara mandiri. (r)

Follow media sosial PT Cita Mineral Investindo Tbk di instagram @haritabauxite.official

Share:
Komentar

Berita Terkini