BMKG : Intensitas Hujan di Ketapang Hingga 4 September Masih Berpotensi Tinggi

Editor: Agustiandi author photo

Intensitas hujan di Kabupaten Ketapang hingga tanggal 4 September 2022 masih berpotensi tinggi.
Ketapang (Suara Ketapang) - Stasiun Meteorologi Rahadi Oesman Ketapang mencatat, intensitas hujan di Kabupaten Ketapang hingga tanggal 4 September 2022 masih berpotensi tinggi.

Forecaster BMKG, Stasiun Meteorologi Rahadi Oesman Ketapang, Fazrul R. Sadarang mengatakan, tingginya intensitas hujan disebabkan pertumbuhan awan cumulus (awan hujan) yang masih intens.

"Banjir yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Ketapang berhubungan dengan intensitas hujan yang terjadi di Kabupaten Ketapang belakangan ini," paparnya, Selasa (30/8/2022).

Fazrul memaparkan, curah hujan yang terukur di Stasiun Meteorologi Rahadi Oesman Ketapang, menunjukkan kategori hujan lebat hingga sangat lebat. 

"Bahkan pada tanggal 21 Agustus 2022 masuk pada kategori hujan ekstrim," ujarnya.

Dia menambahkan, banjir yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Ketapang sebagian besar disebabkan oleh faktor cuaca yang didominasi hujan dengan intensitar ringan hingga lebat belakangan ini. 

"Faktor lainnya seperti pasang masih dapat dikesampingkan karena tidak memiliki pengaruh yang signifikan belakangan ini," pungkasnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini