Keren, Ada Wisata Baru di Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Kapal wisata yang diberi nama Ale-Ale ini mulai beroperasi Kamis (1/9/2022). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Kapal Wisata Ale-Ale menjadi objek wisata baru di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. 

Dengan ukuran yang cukup besar, kapal wisata sungai ini mampu menampung 200 penumpang menyusuri Sungai Pawan.

Jam operasionalnya mulai pukul 3 sore hingga pukul 10 malam. Penumpang hanya perlu merogoh kocek Rp25 ribu untuk menikmati wisata tersebut.

Kapal wisata Ale-Ale berlayar di Sungai Pawan Ketapang Kalimantan Barat, Kamis (1/9/2022). (Ist)
"Rp25 ribu per orang, sudah termasuk asuransi. Sedangkan untuk anak-anak di bawah 5 tahun gratis," kata Hadi Akbar pemilik Kapal, Kamis (1/9/2022).

Di dalam kapal, pengunjung dapat memesan makan dan minum, bahkan bisa bernyanyi ria dengan fasilitas karaoke.

"Selain untuk menyusuri sungai, kapal wisata yang bersandar di Dermaga Saunan ini bisa dipesan untuk keperluan seperti rapat atau acara khusus lainnya," paparnya.

Dia menambahkan, sebelum beroperasi dan mendapatkan izin berlayar, kapal ini sudah dilakukan uji coba oleh dinas terkait.

Peresmian Pengoperasian Kapal Wisata 

Kapal Wisata Ale-Ale ini diresmikan oleh Sekda Ketapang Alexander Wilyo, Kamis (1/9/2022) sore.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan langsung Sekda Ketapang di Dermaga Saunan, Kelurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan.

Alexander Wilyo, berharap kehadiran kapal wisata ale-ale ini bisa menambah ikon wisata yang ada di Kabupaten Ketapang.

"Harapan kita potensi menyusuri sungai dan melihat kota ketapang dari jalur air menggunakan kapal ini dapat menjadi wisata baru di Ketapang," katanya.

Sekda Ketapang Alexander Wilyo (batik lengan panjang) merasakan sensasi menyusuri Sungai Pawan dengan Kapal Wisata Ale-Ale. (Ist)
Sekda mengaku sangat mengapresiasi ide-ide kreatif masyarakat salah satunya seperti pembuatan kapal wisata ini. Lantaran ide-ide kreatif ini tentu memiliki peran dalam membangun Ketapang seperti melalui potensi wisata.

"Ke depan saya berharap kita semua harus bersama-sama membangun Ketapang melalui ide-ide kreatif yang positif," ajaknya.

Alex juga meminta seluruh pihak untuk dapat sama-sama mempromosikan kapal wisata ale-ale ini, termasuk nanti pada penyelenggaraan MTQ ke- 30 tingkat Provinsi Kalbar yang akan diselenggarakan pada November 2022 mendatang.

"Pada MTQ nanti saya harap tamu-tamu kita bisa ke sini dan melihat ketapang dari sungai," pungkasnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini