Pejabat di Kabupaten Ketapang Bersih-bersih Pantai Pecal

Editor: Agustiandi author photo

Pejabat di Kabupaten Ketapang kompak membuang sampai di Pantai Pecal Kinjil Pesisir Kecamatan Benua Kayong, Rabu (7/9/2022). (Ist)
Benua Kayong (Suara Ketapang) - Sejumlah pejabat di Kabupaten Ketapang bersama pelajar membersihkan Pantai Pecal di Kinjil Pesisir Kecamatan Benua Kayong, Rabu (7/9/2022).

Wakil Bupati Ketapang Farhan bersama pejabat lainnya seperti Danlanal, pimpinan DPRD, Kapolres hingga kepala Organsiasi Perangkat Daerah Kabupaten Ketapang ikut dalam gerakan nasional laut bersih tahun 2022 itu.

Menurut Farhan, kebersihan pantai merupakan tanggung jawab bersama dan seluruh lapisan masyarakat dan terutama yang ada di pesisir pantai.

"Kebersihan laut dan pantai akan menjamin kehidupan dan ekosistem laut karena laut menjadi salah satu penghasilan masyarakat Ketapang,” ujarnya.

Farhan mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya kebersihan pantai, hal ini diperlukan untuk menjaga ekosistem sehingga ketika mengkonsumsi hewan laut akan aman.

“Kesadaran kita untuk melakukan bersih-bersih di wilayah pantai dan laut dengan tujuan menjaga ekosistem, untuk menjaga kesinambungan kehidupan masyarakat sehingga nanti mengkonsumsi ikan, kerang ataupun biota laut lainnya akan aman dalam konteks kesehatan,” ucap Wakil Bupati.

Farhan berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan kegiatan ini menjadi starting poin memulainya sebuah kegiatan laut yang bersih di Kabupaten Ketapang dan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Sementara itu, Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho mengatakan, gerak bersih laut yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut.

Baca jugaTingkatkan Awareness ESG, CMI selenggarakan Workshop ESG di Kalimantan Barat

Ini dilakukan secara serentak di 77 wilayah kerja TNI Angkatan Laut se-Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 September. 

“Gerakan ini merupakan tahap awal, untuk selanjutnya di manapun kita berada akan melaksanakan pembersihan pantai, laut dan daerah pesisir. Banyak sampah-sampah banyak juga sampah kiriman tersapu ke pantai, kalau kita berhenti disini saja dikemudian hari pantai-pantai akan kotor kembali,” ujarnya.

Danlanal Ketapang berpesan kepada masyarakat Kabupaten Ketapang untuk selalu menjaga kebersihan pesisir pantai dengan hal yang paling kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuat polusi pada perairan dan laut.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga pantai kita, laut kita salahsatunya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, apabila melihat ada sampah tidak usah disuruh lagi langsung kita buang pada tempatnya,” pungkasnya.


Share:
Komentar

Berita Terkini