Penyelamat Ibu Pembawa Bayi yang Hendak Bunuh Diri Diganjar Penghargaan dari Kapolres Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Gunawan (kiri) saat berfoto bersama Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, Senin (14/11/2022).(ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Gunawan (37) warga Dusun Bintang Musir Kelurahan Tuan Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Kalbar, mendapat penghargaan dari Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana. 

Dirinya diganjar penghargaan setelah sebelumnya melakukan tindakan heroik menyelamatkan seorang ibu dan seorang bayi yang hendak bunuh diri dengan mencoba melompat dari atas Jembatan di Ketapang pada Minggu 6 November lalu.

Pemberian penghargaan dilaksanakan di Halaman Mapolres Ketapang. Di depan Pejabat Utama serta anggota Polres Ketapang yang mengikuti apel pagi, Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana turun langsung menyerahkan piagam penghargaan kepada Gunawan, Senin (14/11/2022).

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada saudara Gunawan yang dengan sigap melakukan upaya penyelamatan dua nyawa sekaligus yaitu ibu dan anaknya yang hendak melakukan bunuh diri di sebuah jembatan," papar Yani Permana.

Kapolres menilai, aksi tersebut sangat heroik. Perbuatan ini juga menjadi tauladan bagi para anggota Polres Ketapang untuk selalu siap dalam mengabdi melayani masyarakat. 

Pada kesempatan itu, Yani Permana menyampaikan bahwa agar setiap anggota kepolisian hendaknya tanggap terhadap setiap kejadian yang berkaitan dengan sosial kamtibmas.

Baca juga: Gendong Bayi, Perempuan di Ketapang Mencoba Bunuh Diri dari Atas Jembatan

Kapolres juga menekankan kepada anggotanya agar mengedepankan profesional, serta humanis dalam setiap penanganan kejadian, serta dekat dengan masyarakat melalui tampilan pelaksanaan tugas yang baik.

“Semoga akan bermunculan gunawan gunawan lainnya yang dengan keikhlasan dan kesigapan tanpa pikir panjang melakukan perbuatan yang mulia ini, salam hormat saya untuk mas gunawan dan salam hangat saya untuk keluarga beliau di rumah," ujar Yani.

Sementara itu, Gunawan tak menyangka aksinya tersebut mendapat penghargaan dari pihak kepolisian. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Polres Ketapang.

“Alhamdulillah, saya mendapat perhatian dan ucapan apresiasi dari bapak Kapolres dan jajarannya atas apa yang telah saya perbuat, saya sampaikan terima kasih kepada bapak Yani Permana atas penghargaan ini," ucap Gunawan

Sebelumnya, masyarakat Kabupaten Ketapang dihebohkan dengan aksi seorang ibu yang membawa anaknya yang masih balita, karena mencoba bunuh diri dengan cara melompat dari atas jembatan.

Aksi nekad itu pun mengundang perhatian warga, termasuk Gunawan yang saat itu sedang melintas. Dirinya dengan sigap menarik tubuh perempuan yang tengah mengandung bayi tersebut.

Percobaan bunuh itu belakang  diketahui lantaran perempuan itu mengalami depresi karena permasalahan kondisi kehidupan.


Share:
Komentar

Berita Terkini