Sekda Lantik dan Kukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Kualan Semandang

Editor: Agustiandi author photo

Sekda Ketapang Alexander Wilyo melantik dan mengukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Kualan Semandang (K3S), Minggu (16/4/2023).(ist).
Ketapang (Suara Ketapang) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, menghadiri sekaligus melantik dan mengukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Kualan Semandang (K3S), Minggu (16/4/2023). Kegiatan pelantikan dan pengukuhan berlangsung di Rumah Adat Dayak Jalan Lingkar Kota, Kecamatan Delta Pawan, Ketapang.

Acara Pengukuhan dan pelantikan K3S dirangkai dengan acara Misa Paskah bersama warga K3S serta Prosesi Ritual Adat Dayak Semandang Kualan.

Sekda Ketapang yang juga sebagai Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik Raden Cendaga Pintu Bumi dalam sambutannya usai acara pelantikan dan pengukuhan mengucapkan selamat kepada Pengurus K3S yang sudah dikukuhkan.

"Semoga bisa mengemban tugas, tanggung jawab, amanah, yang tadi kita tandai dengan penyerahan panji dari pengurus lama ke baru," katanya.

Selain itu, Sekda berharap pengurus K3S dapat membangun hubungan baik dengan organisasi Dayak maupun organisasi lainnya. Dirinya berpesan agar pengurus baru dapat melaksanakan rapat-rapat internal pengurus menyusun Rencana Kerja ke depan. 

"Saya minta Pengurus bisa mengembangkan Organisasi, melestarikan Adat Istiadat dan caranya menghasilkan antara lain membuat sanggar, berusaha memulihkan Adat Istiadat, anak-anak muda dilatih biar tau Adat Istiadat," mintanya.

Sekda menambahkan, kalau adat harga diri, Adat Jati Diri artinya kalau kita meninggal kan Adat istiadat kita tidak ada Jati Diri dan tidak ada Harga Diri. Untuk itu, mari melestarikan, memulihkan, menjaga, merawat Adat Istiadat agar lestari dan turun temurun tetap terjaga hingga akhir zaman. 

Dalam kesempatan yang sama, H. Jahilin Ketua K3S Demisioner dalam sambutan menyampaikan Hari ini merupakan hari bersejarah Bagi Keluarga Besar Kualan Semandang di kota Ketapang, 

karena baru pertama kalinya Pengurus di Kukuhkan. Dulu K3S bernama Komunitas Semandang Kualan, sekarang Kerukunan Keluarga Kualan Semandang. 

Dulu K3S masih bergabung dalam Keluarga Besar Simpang, karena ada pemekaran Kecamatan terjadi pemisahan menjadi dua, yaitu Simpang Hulu (K3S) dan Simpang Dua Keluarga Besar Simpang. 

"Dan Dulu kita belum ada lambang sekarang sudah ada Panji yang diikat di Tongkat Pendawan sebagai tanda peralihan kepemimpinan dari lama ke baru, dan simbol ini harus dijaga dengan baik. Dan kepada pengurus baru di Kukuhkan Selamat semoga bisa menjalankan tugas organisasi dengan sebaik-baiknya," tukasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini