Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Ziarah Makam Iranata Desa Negeri Baru Benua Kayong

Editor: Agustiandi author photo

Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Martin Rantan dan Farhan ziarah ke Makam Iranata Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong, Jum'at (27/10/2023). (Ist)
Benua Kayong (Suara Ketapang) - Setelah melakukan peresmian di Desa Pelang Kecamatan MHS, rombongan Napak Tilas yang dipimpin Bupati Ketapang Martin Rantan, dan Wakil Bupati Ketapang  Farhan, menuju ziarah ke Makam Iranata Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong, Jum'at (27/10/2023).

Dalam ziarah ini dibacakan sejarah singkat Desa Negeri Baru oleh Suda Effendi selaku Kepala Desa Negeri Baru.

Selain itu Kepala Desa Negeri Baru juga menyampaikan adanya Cagar Budaya dan Situs sejarah yang ada di Desa Negeri Baru.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang Kepala Pengadilan Negeri Ketapang Achmad Sarkowi, S.H.I dalam sambutannya mengingatkan sedikit sejarah, bahwa Pangeran Iranata ini adalah putra sulung dari Panembahan Giri Kusuma yang tercatat sebagai raja muslim pertama di Kerajaan Tanjung Pura. 

"Kemudian Pangeran Iranata pindah bersama keluarganya menyusuri Sungai Pawan hingga tiba di suatu daerah yang dulu dikenal dengan nama SEMBELENGAN atau sekarang disebut negeri baru. Di Desa Negeri Baru inilah beliau hidup bersama keluarganya, dan di komplek pemakaman inilah tempat beliau disemayamkan," jelasnya.

Kepala Pengadilan agama mengatakan bahwa Ziarah makam dapat mengingatkan kita akan kematian. bahwa hidup di dunia ini hanyalah sebentar, dan dunia ini hanyalah tempat persinggahan sementara. harta benda, pangkat, dan jabatan semuanya akan kita tinggalkan. 

"Jikalau kita banyak menanamkan amal kebaikan insyaallah kita akan hidup bahagia di alam berikutnya, akan selalu dikenang dan dido’akan oleh anak cucu kita. seperti makam pangeran iranata ini," ucapnya.

Selanjutnya Kegiatan tersebut dilanjukan dengan do'a bersama, tabur bunga dan siraman air kemakam Iranata dan juga penandatangan prasasti. (**/Ndi) 

Share:
Komentar

Berita Terkini