Bupati Tutup Pentas Seni Budaya Dayak DAD Ketapang ke-9

Editor: Agustiandi author photo

Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran IX Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang resmi ditutup, Kamis (30/11/2023) malam. (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang, Martin Rantan, menutup secara resmi Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran IX Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang, yang berlangsung di Balai Sungai Kedang, Pendopo Bupati Ketapang, Kamis tadi malam (30/11/2023). 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang, saya mengucapkan selamat, dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia dan Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang, yang telah bekerja dengan kompak, sehingga seluruh rangkaian acara Penutupan Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang ke-9 Tahun 2023, yang dilaksanakan mulai tanggal 25 - 30 November 2023 dapat berjalan dengan lancar, aman dan meriah,” ujar Bupati Martin Rantan. 

Lebih lanjut, Martin mengatakan kalau Pentas Seni Budaya Dayak, adalah salah satu event budaya, yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang sebagai agenda rutin evetn budaya daerah, yang dilaksanakan setiap tahun. 

"Melalui penyelenggaraan event budaya daerah, Pemerintah Kabupaten Ketapang berharap dapat meningkatkan kunjungan wisata lokal maupun domestik Kabupaten Ketapang. Pelaksanaan seni budaya Dayak Ketapang, yang diisi dengan berbagai perlombaan seni, perlombaan permainan tradisional, olah raga tradisional, dan pameran hasil kerajinan adalah salah satu upaya kita untuk menjaga, merawat, mengemas, dan mempublikasikan kekayaan warisan budaya Ketapang, khususnya budaya Dayak,” katanya. 

Dalam upaya pelestarian budaya, Martin menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Ketapang memberikan kesempatan yang sama kepada kepada semua paguyuban etnis dan komunitas budaya, yang ada di Kabupaten Ketapang untuk berpartisipasi dalam penggalian dan pengembangan budaya daerah agar tetap lestari dan terus berkembang.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang beserta jajaran, Ketua Panitia beserta anggota, seluruh Dewan Adat Dayak Kecamatan, organisasi kemasyarakatan Dayak, organisasi kepemudaan Dayak, dan sanggar-sanggar yang telah berpartisipasi dan ambil bagian dalam mengikuti perlombaan serta memeriahkan Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang ke-9 Tahun 2023,” tuturnya.

Martin juga menyampaikan terimakasih kepada Forkopimda Kabupaten Ketapang, pihak keamanan TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Ketua Ormas dan Paguyuban etnis yang ada di Kabupaten Ketapang, serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ketapang yang telah mendukung terlaksananya Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang ke-9 Tahun 2023. 

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat atas terlaksananya Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang Tahun 2023,” pungkasnya. (Ad/Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini