Tadi Malam di Ketapang, Terjadi Gempa Tektonik Magnitude 4.6

Editor: Agustiandi author photo

Ilustrasi gempa bumi. (*) 
Ketapang (Suara Ketapang) - Kabupaten Ketapang diguncang gempa bumi tektonik magnitude M4.6 pada Jumat (5/7/2024) sekitar pukul 23:31 WIB.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini terletak pada 32 kilometer arah Kayong Utara dengan kedalaman 3 kilometer. 

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesa aktif di sekitar wilayah tersebut,” kata Setyoajie Sabtu (6/7/2024) pagi.

Setyoajie menuturkan dampak gempa bumi yakni guncangan yang dirasakan terjadi di Kawasan Kabupaten Ketapang. Getarannya seperti benda ringan yang bergoyang sedangkan getaran nyata di dalam rumah terasa getaran seperti ada kendaraan besar melintas.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan BMKG hingga Sabtu dini hari belum ada ditemukan tanda- tanda gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya, hindari bangunan yang rusak atau retak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda Kembali ke dalam rumah,” pungkasnya. (Yt/Ndi) 

Share:
Komentar

Berita Terkini