PLN dan Warga Jelai Hulu Sepakati Sejumlah Poin Perbaikan Jaringan Listrik

Editor: Agustiandi author photo

Perwakilan warga Kecamatan Jelai Hulu mengabadikan momen bersama Manager PLN UP3 Ketapang usai mengadukan masalah kelistrikan di daerah mereka, Senin (29/9/2025). (ist) 
Ketapang (Suara Ketapang) – Pertemuan antara PLN dan perwakilan masyarakat Kecamatan Jelai Hulu menghasilkan sejumlah kesepakatan terkait upaya peningkatan pelayanan listrik, Senin (29/9/2025). 

Berita Acara kesepakatan Rapat Nomor: 1718.BA/STH.01.03/F12010000/2025 tersebut ditandatangani langsung oleh Koordinator Lapangan Robertus Surya, Sekretaris Camat Jelai Hulu Dartani, Tokoh Masyarakat Yohanes Brand dan Manager PLN UP3 Ketapang Yusrizal Ibrani. 

Dalam audiensi yang berlangsung di kantor PLN UP3 Ketapang tersebut, PLN menyampaikan bahwa jika terdapat kendala pemeliharaan penanaman Right of Way (ROW) pada lahan maupun pohon milik masyarakat, maka koordinasi akan dilakukan bersama kepala desa setempat.

PLN juga memastikan akan segera melaksanakan survei perbaikan jaringan sekaligus mengusulkan pekerjaan perbaikan SR Deret. Selain itu, PLN akan melakukan survei dan perbaikan jaringan pada jalur Tumbang Titi – Tanjung – Kesuma Jaya – Riam Danau Kanan – Tebing Berseri – Kusik Batu Lapu – Penyarang – Riam Kota. 

Sementara itu, PLN UP3 Ketapang akan berkoordinasi dengan PLN UP2K Khatulistiwa guna menindaklanjuti permintaan penyambungan listrik di enam desa di Kecamatan Jelai Hulu. 

Adapun enam desa tersebut meliputi Desa Semantun, Desa Bayam Raya, Desa Asam Jelai, Desa Pangkalan Suka, Desa Biku Sarana dan Desa Limpang. 

Tak hanya itu, PLN juga menyampaikan rencana jangka panjang sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2025-2034 guna peningkatan kapasitas daya . PLN akan membangun Gardu Induk (GI) 150 kV Air Upas (30 MVA) dan SUTT 150 kV Air Upas. 

Untuk mengatasi persoalan tegangan di jaringan ujung, PLN akan memanfaatkan Excess Power PT LAP sebesar 1,4 MW. Tambahan daya ini diharapkan mampu memperbaiki tegangan sekaligus meningkatkan suplai listrik ke Kecamatan Jelai Hulu.

PLN menegaskan, setiap pekerjaan yang membutuhkan pemadaman listrik akan diinformasikan kepada masyarakat paling lambat H-1. Selain itu, perbaikan jaringan yang dinilai tidak standar akan dilakukan pengecekan bersama antara PLN, kepala desa dan masyarakat setempat.

Jika di lapangan masih terdapat kendala terkait perizinan pekerjaan pada lahan maupun pohon di sekitar jaringan, kepala desa akan siap membantu penyelesaiannya.

Dalam pertemuan itu juga disepakati pentingnya menjalin komunikasi yang lebih baik antara PLN dan aparatur desa di Kecamatan Jelai Hulu.

Sebagai penutup, PLN ULP Tumbang Titi menegaskan komitmennya untuk terus berusaha meningkatkan kinerja dan pelayanan listrik bagi masyarakat. (Ndi) 

Share:
Komentar

Berita Terkini