Dandim Turun Langsung, Pimpin Pemadaman Karhutla di Pelang

Editor: Editor : Redaksi author photo
Pemadaman api di Desa Plang
Ketapang  (Suara Ketapang) – Komandan Kodim 1203 Ketapang Letkol Kav Jami’an,  turun langsung melakukan pemadaman dan pendinginan di sejumlah areal Lahan yang terbakar di poros jalan Pelang – Tumbang Titi Desa Sungai Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan, Minggu (15/9/2019).

Saat di lokasi Karhutla, Letkol Kav Jami'an bersama anggota TNI lainnya tampak berjibaku menjinakkan kobaran api yang membakar tahan gambut.

Upaya tersebut  merupakan upaya TNI dan Stakeholder lainya yang tergabung dalam “Operasi Karhutla” Kabupaten Ketapang dalam mengatasi Karhutla yang berdampak munculnyan kabut asap dan debu yang semakin pekat.

Letkol Kav Jami'an mengatakan, Kodim Dan Polres ketapang sudah melakukan upaya preemtiv dan preventif, bahkan sudah melakukan upaya represif terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"untuk itu  saya ingatkan lagi, sanksi hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan tegas dan minta masyarakat bisa bekerjasama dengan Satgas Karhutla Kabupaten Ketapang  untuk mencegah dampak kebakaran hutan maupun lahan yang merugikan banyak pihak," katanya.

Sementara itu Pasi Ops Kodim 1203 Ketapang  Kapten Inf Andri Fitri menambahkan proses pemadaman masih terus berlangsung dititik api

"Anggota Satgas Karhutla Kabupaten Ketapang harus dengan segera memadamkan titik api tersebut dengan tenaga ekstra," pungkasnya.

Mengacu pada informasi peta sebaran hotspot Kalbar berdasarkan pengolahan data lapan 15 September 2019 hingga pukul 17:00 WIB, Kabupaten Ketapang masih menjadi penyumbang terbesar titik panas di Kalbar dengan 262 titik. Jumlah tersebut jauh berkurang jika dibandingkan sembilan hari lalu yang mencapai 1.019 titik panas.  (ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini