Resmi, Warga Ketapang Kini Bisa ke Pontianak Naik Damri

Editor: Redaksi author photo
Wakili bupati, Asisten III Setda Kabupaaten Ketapang Heronimus Tanam bersama jajaran Forkopimda setempat serta pihak Damri dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar resmi melauncurkan pengoperasian trayek Damri Ketapang Pontianak, di halaman pendopo Bupati, Selasa (28/1/2020) siang. 
Ketapang (Suara Ketapang) - Perusahaan Umum (Perum) Djawatan Angkutan  Motor Republik Indonesia (Damri) sebagai penyediaan jasa angkutan penumpang dan barang resmi beroperasi di Kabupaten Ketapang.

Peluncuran dan pengoperasian trayek Damri Ketapang Pontianak pulang pergi tersebut berlangsung  di halaman Pendopo Bupati Ketapang, Selasa (28/1/2020) siang yang dihadiri pemerintah dan Forkopimda Kabupaten Ketapang.

Trayek Ketapang Pontianak pulang pergi milik armada Damri itupun memilki sejumlah fasilitas diantaranya USB charger, Wifi, full AC, audio video, reclining seat (39), snack dan unit Marcedes Benz.

Harganya pun terbilang terjangkau, Ketapang - Sungai Melayu Rp75.000, Katapang-Tayap Rp100.000 dan Ketapang-Pontianak Rp275.000. Adapun jam keberangkatan dari Ketapang menuju Pontianak pukul 10:00 WIB, sementara keberangkatan dari Pontianak menuju Ketapang sendiri pukul 09:00 WIB. Ketapang - Pontianak dapat ditempuh selama 10 jam. Selain dapat dibeli di loket secara langsung tiket Damri itupun sudah tersedia malalui online.

Pada kesempatan tersebut, Asisten III Setda Kabupaten Ketapang Heronimus Tanam bersama jajaran Forkopimda setempat mencoba berkeliling pusat kota Kabupaten Ketapang menggunakan bus ukuran medium milik Damri keluaran 2019 tersebut.
Asisten III Setda Kabupaten Ketapang (kiri) menerima miniatur bus Damri disela-sela acara peluncuran dan  pengoperasian trayek Damri Ketapang Pontaianak, di halaman pendopo Bupati, Selasa (28/1/2020) siang.  
"Bus ini nyaman, AC nya dingin, ruangnya juga cukup leluasa, kursinya bisa diatur jadi bisa rebahan, nyaman. hanya mungkin bagi yang perokok berat, agak tersiksa, karena kabinnya full AC," ujar Heronimus Tanam sambil menebar senyum, sesaat setalah turun dari Armada Damri tersebut.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Ketapang ia mengucapkan terima kasih kepada Damri karena saat ini masyarakat Kabupaten Ketapang sudah memiliki alternatif pilihan dalam transportasi umum melalui jalur darat.

"Harapan kami masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini dengan baik, kalau dari segi biaya Damri lebih murah, tapi fasilitasnya lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, GM Damri Pontianak Yulianto mengatakan, pihaknya akan melayani khususnya di Kabupaten Ketapang dari seluruh penjuru.
Jajaran Forkopimda Kabupaten Ketapang merasakan langusng armada damri yang baru saja diluncurkan 
"Selain rute yang sudah ditentukan dalam launching ini, rute lain akan menyusul seperti Ketapang - Teluk Batang dan antar kecamatan tentukan kita akan segera lakukan survey, mudah-mudahan dukungan sarana jalan segara memungkinkan untuk dilewati," katanya.

Sesuai perizinan Damri Ketapang menyiapkan empat unit kendaraan. Meski Demikian jika kebutuhan melonjak pihaknya sudah siap dengan armada tambahan. Tapi untuk  tahap awal ini Damri hanya menjadwalkan satu kali keberangkatan. Armada akan berangkat mulai dari terminal Paya Kumang.
Suasana interior aramada Damri yang akan beroperasi di Ketapang Pontianak  
Dengan hadirnya Damri di Kabupaten Ketapang ini pihaknya berharap mengalihkan masyarakat pada moda transportasi umum khususnya angkutan darat.
Armada Damri Ketapang Pontianak (PP) 

"Harapan kami angkutan yang tersedia ini bisa benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Ketapang dan sekitarnya," pungkasnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini