PT. RIM Mulai Operasikan WP 13 dan 14 Site Air Upas

Editor: Redaksi author photo
Kegiatan di lokasi tambang bijih bauksit 
Air Upas (Suara Ketapang) - Pasca polemik pemenang lelang end to end eksploitasi tambang bijih bauksit di Kecamatan Air Upas, Ketapang 3 bulan yang lalu,  PT. Ratu Intan Mining (RIM) pemenang tender sebagai Suplayer kontraktor utama di PT Cita Mineral Investindo, (CMI) Tbk mulai melaksanakan beberapa rangkaian
pekerjaan penambangan di area Washing plant (WP) 13 dan 14 Site Air Upas.

Menyiapkan sarana dan prasarana pengoperasian WP sebagai tempat pencucian bijih bauksit, Manager Humas PT. RIM, Adrianus Adus mengatakan bahwa saat ini PT. RIM melakukan percepatan semaksimal mungkin dari pembenahan jalan, waduk penampungan air, pembuangan limbah hingga pemindahan stock pile (persediaan) material tambang 6 tahun yang lalu di area pencucian bijih bauksit. Adrianus Adus menargetkan hari ini proses pemindahan harus selesai.

"Kami terus melakukan percepatan pelaksanaan persiapan penambangan termasuk pemindahan stock pile material hasil penambangan 6 tahun yang lalu, disebabkan posisinya tepat dibawah pencucian dengan jumlah yang banyak, perlu kurang lebih tiga hari untuk proses pemindahan karena akan menghalangi proses pencucian material baru yang akan ditambang kedepannya," paparnya, Senin (17/2/2020)

Disampaikannya pula guna meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat PT. RIM sudah menyerap tenaga kerja lokal sebanyak kurang lebih 85 persen dari total tenaga yang dibutuhkan. 
Guna mengamankan proses pemindahan stock pile yang ada, 34 Personel Kepolisian Resort Ketapang, Kepolisian Sektor Marau dan Polsubsektor Air Upas malakukan pengawalan.

Kabag Ops polres Ketapang AKP Medianto  menyebutkan bahwa pengawalan dilakukan disebabkan ada pihak yang kurang puas dengan proses penambangan dan perjanjian dengan Kontraktor sebelumnya.

Medianto juga berharap agar masyarakat bisa memahami bahwa pengawalan ini guna menjaga pihak investor serta masyarakat setempat yang bekerja agar dapat melakukan aktifitasnya  dengan suasana kondusif.

" jika ada permasalahan saya berharap agar semua pihak tidak bertindak anarkis, namun melakukan penyelesaian persoalan melalui prosedur hukum yang berlaku, namun yang lebih penting mudah - mudahan persoalan ini segera diakhiri," sebutnya.

Berdasarkan pantauan langsung, kegiatan persiapan penambangan dan pengoperasian WP 13 dan 14 berjalan lancar dan kondusif. (Jans)
Share:
Komentar

Berita Terkini