Tingkat Kesembuhan Meningkat di Ketapang, Ini Kata Dokter yang Menangani Covid-19

Editor: Redaksi author photo

Koordinator Tim Medis yang menangani pasien Covid-19 di Fasilitas Khusus BSM dr. Juhendro, Sp. P.D saat acara pelapasan 14 orang pasien sembuh di ruang rapat Kantor Bupati Kabupaten Ketapang, Senin (22/6/2020). 
Ketapang (Suara Ketapang) – Tingkat Kesembuhan  virus corona di Kabupaten Ketapang meningkat signifikan. Hingga hari ini Senin (22/6/2020) telah 28 orang yang dinyatakan sembuh dari 33 pasien positif Covid-19.

Koordinator Tim Medis Fasilitas Khusus BSM dr. Juhendro mengatakan, meningkatnya angka  kesembuhan  atau percepatan durasi penyembuhan pasien, khususnya yang di rawat di Fasilitas khusus BSM, karena pihaknya memberikan tambahan asupan vitamin dari sebelum-sebelumnya.

Pihaknya memberikan penambahan dosis vitamin C selama 14 hari, penambahan vitamin D dosis tinggi selama tujuh sampai 14 hari dan penambahan vitamin E selama tujuh sampai 14 hari dan penambahan zink 50 ml selama tujuh hari.

Baca Juga : 28 Orang Pasien Covid-19 di Katapang Sembuh

“Itu untuk semua pasien dan akhirnya selama kurang lebih satu bulan ini, kita berlakukan seperti itu,” kata dokter spesialis penyakit dalam tersebut.

Tidak kalah penting, lanjut dia, tim medis juga merutinkan pasien Covid-19 untuk rajin olahraga minimal lima hari dalam seminggu dengan minimal durasi 30 menit sekali olahraga. Berjemur pagi selama 15 sampai 30 menit setiap hari.

“Pasien juga diberi kesempatan untuk keluar sore hari, untuk sekedar refreshing atau bertatap muka dari jauh dengan keluarga yang berkunjung (dibalik pagar) dan yang terakhir adalah perbaikan nutrisi dan tidak kalah penting kita meningkatkan sikologis pasien,” paparnya.

Baca Juga : 14 Orang Sembuh dari Corona, Sutarmidji: Terima Kasih Bupati Ketapang

“Ketika ada pasien butuh curhat atau problem secara sikologis, kita ada penjadwalan khusus untuk konsultasi dengan bagian sikologis dan hampir setiap hari kita berikan motivasi kepada hampir setiap pasien,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kesembuhan pasien covid-19. Tak lupa ia mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin melaksnakan protokol kesehatan guna mencagah penularan Covid-19. Ia juga berharap agar tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Ketapang dan sisa lima orang yang masih dirawat dapat segara sembuh.

“Kami sangat berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang untuk disiplin dalam melakukan protokol kesehatan, yaitu selalu jaga jarak, selalu pakai masker dan menggunakan masker yang efektif dan selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir dan menerapkan etika batuk atau bersin,” pungkasnya.  (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini