Rustami : Kalau Kita Laksanakan Vaksin di KKU Cakupan Kita Sudah 100 Persen.

Editor: Agustiandi author photo

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Rustami. 
Ketapang (Suara Ketapang) - Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, cakupan vaksinasi covid-19 di daerah tersebut berada di peringkat 10 dari 14 kabupaten kota se Kalimantan Barat. 

Cakupan vaksin Covid-19 Kabupaten Ketapang hanya berada di atas Kabupaten Mempawah, Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sambas. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Rustami memaparkan, hingga pertengahan Oktober 2021, rata-rata cakupan vaksinasi mencapai 21,8 persen. 

Cakupan tersebut masih dinilai rendah. Selain jumlah sasaran yang cukup tinggi, luas wilayah juga menjadi kendala dalam vaksinasi Covid-19 dalam mencapai target. 

"Yang jadi kendala, pertama sasaran vaksinasinya besar, 414.520 sasaran. Kalau kita bandingkan dengan penduduk Kayong Utara misalnya, saat ini kita sudah 114 ribuan (yang sudah divaksin), kalau Kayong 90.570 sasaran, kalau kita laksanakan di sana, sudah selesai kita sudah 100 persen, tapi karena penduduk kita banyak dan dalam area yang luas, kita perlu upaya yang ekstra dan bekerja sama dengan pihak lain," papar Rustami belum lama ini.

Kendati demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang menargetkan cakupan vaksinasi 50 persen dari total sasaran hingga akhir tahun 2021. Pihaknya optimistis target tersebut dapat tercapai. Dalam dua bulan ini Dinkes Kabupaten Ketapang akan mengebut vaksinasi agar mampu mencapai target tersebut.

"Dalam dua bulan ini, kami merencanakan dapat mencapai 50 persen. Saat ini kita sudah 21 persen, bulan depan kita kejar biar bisa nambah 20 persen, bulan Desember 10 persen," urainya.

Ia menambahkan, saat ini antusias warga cukup tinggi dalam kegiatan vaksinasi Covid-19. Dalam satu hari seribu hingga dua ribu warga berhasil divaksin.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, vaksin tahap satu saat ini sudah menyasar 27,56 persen atau 114.245 warga, sementara vaksin tahap dua telah menyasar 15,17 persen atau 62.877 orang. Sementara total sasaran vaksinasi sebanyak 414.520 orang warga. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini