Kejuaraan Menyumpit Patih Jaga Pati, Sekda Alex : Ini Punya Keunikan Khas, Senyap Mematikan

Editor: Agustiandi author photo

Kejuaraan menyumpit Patih Jaga Pati Cup yang digelar Sekda Ketapang Alexander Wilyo di kediaman pribadinya, Sabtu (27/8/2022). (Ist)
Delta Pawan (Suara Ketapang) - Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, menggelar kejuaraan menyumpit bertajuk Patih Jaga Pagi Cup di kediaman pribadinya, Sabtu (27/8/2022).

Patih Jaga Pati Desa Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik itu mengatakan, lomba tersebut digelar untuk memberikan hiburan kepada warga dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Menyumpit ini memiliki ciri khas dan unik. Dahulu sebagai sarana berburu, sekarang bisa diperlombakan. Menyumpit ini memerlukan skil, konsentrasi dan tentunya minat khusus, dalam menyumpit kita ini senyap tapi mematikan," paparnya.

Kegiatan ini dimulai sejak 16 Agustus lalu dan berakhir 27 Agustus dengan berbagai rangkain perlombaan. Mulai dari catur, gaplek, dan menyumpit putra dan putri. 

Perlombaan tersebut mendapat sambutan hangat masyarakat, baik yang berada di lingkungan sekitar maupun beberapa kecamatan terdekat. 

Sekda Ketapang yang bergelar Patih Jaga Pati Desa Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik Alexander Wilyo saat menyumpit sasaran.
"Awalnya ini hanya untuk warga di komplek ini saja, tapi antusias warga sangat tinggi. Banyak peserta dari luar komplek yang ikut," katanya.

Alex pun mengaku senang dengan antusias masyarakat yang ikut memeriahkan sejumlah kegiatan yang  ia gelar.

"Untuk gaplek dan catur sampai dini hari baru selesai. Untuk menyumpit putri pesertanya sekitar 20 orang. Untuk putra mencapai 30 orang. Ini bentuk antusias masyarakat dalam turut memeriahkan HUT RI," ungkapnya.

Ke depan dirinya akan kembali menggelar kegiatan serupa, khususnya lomba menyumpit sebagai bentuk upaya pelestarian tradisi leluhur yang harus selalu dijaga dengan baik. 

Pada kesempatan itu, dirinya juga mendukung pelaksanaan kejuaraan menyumpit Dandim Cup yang direncanakan akan digelar dalam rangka memeriahkan HUT TNI pada beberapa waktu ke depan. 

Alex juga mendorong digelarnya turnamen catur tingkat kabupaten, terlebih olahraga catur adalah cabang yang masuk dalam prestasi.

Share:
Komentar

Berita Terkini