Super Meriah, Pembukaan MTQ ke 30 Tingkat Provinsi Kalbar

Editor: Agustiandi author photo

Gubernur dan Wakil Gubenur Kalbar bersama perwakilan kepala daerah kabupaten kota memukul gendang saat pembukaan MTQ ke 30 tingkat Provinsi Kalbar di stadion sepakbola Panglima Tentemak Ketapang, Sabtu (5/11/2022) malam. (Agustiandi/Suara Kalbar). 
Ketapang (Suara Ketapang) - Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 30 tingkat Provinsi Kalimantan Barat di stadion sepakbola Tentemak Ketapang berlangsung meriah, Sabtu (5/11/2022) malam.

Seremonial pembukaan dibuka dengan tarian lancang kuning yang ditampilkan oleh ratusan penari. Usai tarian selamat datang, dilanjutkan dengan defile seluruh kafilah dari 14 kabupaten kota di Kalimantan Barat.

Defile kafilah diiringi drumband. Masing-masing defile melintasi panggung utama VVIP. Mereka disambut langsung Gubernur dan Wakil Gubenur Kalbar Sutarmidji - Ria Norsan dan seluruh kepala daerah masing-masing kabupaten/kota.

Antusias warga juga sangat luar biasa. Saking banyaknya warga yang hadir, seluruh tribun di stadion sepakbola Tentemak tak mampu menampungnya. Mereka yang tak kebagian tempat duduk, lebih memilih berdiri di sekeliling lapangan.

Bupati Ketapang Martin Rantan juga tampak hadir. Senyum lebar terpancar dari wajahnya saat melambaikan tangan menyambut kafilah tuan rumah. 

Ketua umum panitia pelaksana MTQ ke 30 tingkat Provinsi Kalbar Farhan mengatakan, total peserta berjumlah 780 orang termasuk official dan pendamping dari 14 kabupaten/kota. Sementara tamu undangan berjumlah 969 orang.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji kagum dengan kemeriahan acara pembukaan MTQ. Sejak awal, Sutarmidji tak henti memuji kesemarakan dan kemeriahan MTQ ke 30 ini.

"MTQ di Ketapang ini begitu semarak, saya juga memberikan apresiasi kepada pak bupati Ketapang, dimana dengan kondisi beliau, tapi bisa berkoordinasi dengan sangat baik dengan wakil Bupati Ketapang, sehingga kegiatan ini terlaksana dengan sangat baik," ujarnya.

Pembukaan MTQ ke 30 tingkat Provinsi Kalimantan Barat ditandai dengan penekanan sirine dan dilanjutkan dengan pemukulan gendang oleh gubernur, wakil gubernur serta masing-maisng perwakilan kepala daerah kabupaten kota. 

Pembukaan ini juga menjadi tanda dimulainya seluruh cabang perlombaan MTQ yang digelar pada 5 hingga 11 November 2022, di sembilan venue yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Ketapang.

Seremonial pembukaan MTQ ke 30 tingkat Provinsi Kalbar ditutup dengan tarian kolosal pohon kedondong raksasa. Kedondong memang sangat erat kaitannya dengan dongeng di Kabupaten Ketapang. Ceritanya masih tetap melegenda sejak dulu hingga kini.

Share:
Komentar

Berita Terkini