Logo Resmi HUT ke 605 Ketapang Kalbar

Editor: Agustiandi author photo

Logo resmi Hari Jadi ke 605 Kota Ketapang. (Disparbud Kabupaten Ketapang).
Ketapang (Suara Ketapang) - Pada tahun 2023 ini, Ketapang memasuki usianya yang ke 605. Hari jadi Kota Ketapang diperingati setiap tanggal 11 Maret. 

Pemerintah Kabupaten Ketapang memalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) resmi mengumumkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke 605 Kota Ketapang. 

Logo ini merupakan hasil dari lomba desain logo yang digelar sejak 31 Januari hingga 15 Februari 2023. Disparbud Kabupaten Ketapang memilih karya dari Faris Irfandi sebagai pemenang.

"Pemenangnya atas nama Faris Irfandi, mahasiswa, yang beralamat di Jalan H. Agus Salim, Gang Merbok, Kecamatan Delta Pawan," papar Kabid Kebudayaan Disparbud Kabupaten Ketapang, Samson Nopen, Sabtu (25/2/2023).

Nopen menjelaskan, dewan juri menetapkan karya dari Faris Irfandi sebagai pemenang. Logo inipun mampu menyisihkan 29 peserta lainnya yang turut berpartisipasi pada lomba tersebut.

"Tahun ini cukup banyak peminatnya, tahun 2022 lalu hanya sembilan, tahun ini 30 orang, desainnya luar biasa, dewan juri dengan berbagai pertimbangan menentukan satu pemenang saja," jelas Nopen.

Nopen menjelaskan, angka 6 pada logo itu melambangkan pohon kedondong yang menjadi kekayaan alam Ketapang. Pohon satu inipun sangat erat dengan sejarah Ketapang. 

"Kemudian angka 0, tidak terpisah, melambangkan kesejahteraan dan keragaman budaya, angka nol ini berbentuk ukiran Dayak," papar Nopen.

Kemudian, angka 5, lanjut Nopen, dibentuk dengan motif Naga Belimbur yang juga merupakan motif khas dari bumi ale-ale Ketapang. Kemudian lingkaran yang menjadi dasar bentuk pada logo, melambangkan kebulatan tekad untuk Ketapang maju masyakarat sejahtera. 

"Kemudian di bawah itu ada ilustrasi air atau sungai yang menggambarkan Sungai Pawan yang terdapat di Kabupaten Ketapang," ucapnya.

Pemenang bakal menerima hadiah uang tunai Rp 3 juta bersama piagam penghargaan. Penyerahannya akan dilakukan pada puncak perayaan hari jadi Ketapang pada 11 Maret 2023 mendatang. 

Nopen menekankan, tanggal 11 Maret merupakan hari jadi Kota Ketapang. Bukan hari jadi Kabupaten Ketapang. Masih banyak orang yang keliru akan hal tersebut. 

"Sudah ada Perda dan Perbup petunjuk teknis untuk pelaksanaan hari jadi setiap tahun," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini